Monday 15 June 2015

RESEP SATE MARANGGI PURWAKARTA

Sate merupakan menu yang hampir semua orang tau dan pernah makan. Variasi dari menu sate inipun banyak sekali bahkan di tiap masing-masing daerah mempunyai menu sate tersendiri. Dalam kesempatan kali ini saya akan berikan resep Sate Maranggi yang merupakan Menu sate khas Purwakarta Jawa Barat yang menggunakan bahan daging Sapi dan atau daging Kambing, tetapi jika anda adalah sebagian dari yang menghindari kedua jenis daging tersebut silahkan mencoba menggunakan daging ayam.


BAHAN :
Daging Sapi 600 gr 
30 tusuk sate

BUMBU HALUS RENDAMAN:
200 gr gula jawa
3 sdm kecap
7 bawang merah
8 siung bawang putih
1 ½ sdm ketumbar
2 sdm asam jawa
 2 sdt garam

SAMBAL PELENGKAP:
5 cabai rawit, cincang
1 tomat merah mengkal, iris kotak cincang
2 bawang merah, cincang kasar
Cuka 1 sdt
10 sdm kecap manis

Cara membuat :

1. Ambil daging sapi atau kambing lalu potong-potong bentuk dadu, sekitar 1-1 ½ cm (simpan dalam baskom tutup dengan daun papaya untuk hasil daging lebih empuk, sementara kita siapkan bumbu halusnya). Setelah bumbu halus siap, aduk rata bersama danging yang sudah dipotong-potong, lalu biarkan selama 15 hingga 30 menit untuk memungkinkan daging menyerap rasa sementara kita siapkan pembakaran.
2. Tusukan semua potongan daging, untuk pertusuknya isi 3-4 potong daging, bisa dikombinasi dengan gajih/ potongan lemak di tengah tusukan agar aroma sate lebih wangi
3. Panaskan panggangan di atas bara panas, grill sate atau pembakaran sate menggunakan media arang. Bakar sate sambil diputar putar dan balik hingga matang merata..
4. Sambal: Campur cincang cabai rawit, irisan tomat dan bawang merah dalam mangkuk, tambahkan cuka dan kecap manis, aduk rata.
5. Sajikan sate yang telah matang di piring saji, sajikan panas dengan sambal kecapnya dan nasi.

* Untuk 3 Porsi


No comments:

Post a Comment

Terbangun dari kesibukan baruku

Gubraaagh...., bangun deh aku..setelah sekian lama kutak kutik kutak kutik Job baru, Perusahaan baru... posisi baru, kantor baru... Malam ...