Monday 15 June 2015

RESEP BEBEK GORENG EYANG SASTROSENDJOJO

Bebek adalah olahan yang banyak digemari, karakter serat daging yang lebih tebal dari ayam dan kulit yang lebih tebal dengan lapisan lemak di bawahnya mampu menandingi gurihnya olahan ayam kampung. Akan tetapi karakter daging bebek memang berbeda dari ayam dan hal ini mempunyai prioritas sendiri di hati para penggemarnya. Bagaimana mendapatkan hasil olahan bebek yang empuk gurih dan nikmat tentunya ada rahasia tersendiri. Kali ini saya akan share kan bagaimana mengolah bebek yang baik.





BAHAN-BAHAN :

1 ekor bebek yang tidak terlalu tua tapi juga jangan terlalu muda, dipotong menjadi 4 bagian atau dipotong sesuai selera.
¼ gelas air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek.
½ sdt apu/ kapur sirih
5 lembar daun jeruk purut
1 buah kelapa, ambil airnya saja.
2 batang serai yang dimemarkan pada pangkal akarnya
2 cm lengkuas juga dimemarkan
1 bungkus penyedap rasa ayam (hanya bagi yang suka penyedap rasa)
1 sendok teh gula pasir
minyak goreng secukupnya

BUMBU DIHALUSKAN :
5 siung bawang putih
7 butir bawang merah
5 cm lengkuas muda diparut
5 butir kemiri
3 sendok teh ketumbar disangrai dahulu sebelum dihaluskan
3 cm kunyit
3 cm jahe
2 sendok teh garam
1 sendok teh merica biji

CARA MEMASAK :
1. Lumuri 1 ekor bebek yang sudah dipotong menjadi 4 bagian dengan campuran apu (kapur sirih) dan air jeruk nipis ke seluruh bagian dagingnya sambil diremas-remas sampai merata, hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis dan bebek nantinya menjadi crispy. Selanjutnya tempatkan pada wadah ditutup, diamkan 30 menit baru daging bebek dibilas kembali dengan air bersih dan ditiriskan airnya.

2. Panaskan minyak goreng, lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan, goreng hingga harum dan masukkan  5 lembar daun jeruk purut, 2 cm lengkuas yang sudah dimemarkan, 1 bungkus penyedap rasa ayam dan 1 sendok teh gula pasir.

3. Bila bumbu telah mengeluarkan aroma wangi masukkan potongan daging bebek dan diaduk agar bumbu meresap dan semua bagian daging bebek terbalur bumbu. Tuangkan air kelapa dan dimasak dengan menggunakan api sedang sampai airnya mendidih. Setelah mendidih kecilkan apinya dan biarkan daging bebek sampai empuk dan bila airnya berkurang dapat ditambahkan lagi sampai bebek benar-benar empuk. Jangan lupa untuk mencicipi bumbunya dan bila dirasa ada yang kurang misalnya kurang asin, kurang manis dan sebagainya bisa ditambahkan sesuai selera masing-masing.

4. Setelah daging bebek empuk matikan kompornya dan biarkan selama 1 jam agar bumbu-bumbu meresap dalam daging. Sementara siapkan minyak panas yang banyak untuk menggoreng bebek yang telah didiamkan selama 1 jam tadi.

5. Setelah minyak panas masukkan potongan bebek dan goreng hingga daging bebek kering baru kemudian diangkat dan ditiriskan. 
Demikian resep Bebek Goreng Empuk dengan tampilan crispy dan gurih. Untuk penyajiannya bebek goreng bisa di hidangkan dengan sambal terasi atau sambal bawang ditemani lalap dan timun.

*Untuk 4 porsi. 

No comments:

Post a Comment

Terbangun dari kesibukan baruku

Gubraaagh...., bangun deh aku..setelah sekian lama kutak kutik kutak kutik Job baru, Perusahaan baru... posisi baru, kantor baru... Malam ...