Monday 22 June 2015

RESEP MARTABAK MANIS COKLAT KEJU

Martabak manis, atau lebih dikenal martabak bangka, ada pula yang menyebut martabak bandung, sajian yang cocok dinikmati dengan segelas teh tawar atau kopi di sore hari atau malam hari. mungkin di sekitar rumah anda banyak pedagang martabak tetapi tidak ada salahnya kita coba membuat sendiri. Yuuk..



BAHAN-BAHAN :
½ sdt garam
½ sdt soda kue
½ kg tepung terigu
1 sdt ragi
100 gr gula
2 butir telur ayam
700ml air matang

CARA MEMBUAT :

  1. Campurkan semua bahan terkecuali soda kue lalu aduk sampai rata.
  2. Setelah rata tercampur diamkan selama 1 jam kemudian baru campurkan soda kue.
  3. Panaskan loyang atau bisa menggunakan Teflon diatas api kecil, oleskan mentega di permukaannya.
  4. Kemudian masukkan adonan tadi ke dalam loyang, jangan terlalu penuh kira-kira ¾ loyang/ teflon yang kita gunakan saja dan ratakan cepat.
  5. Tutup dan biarkan 1-2 menit/ sampai muncul pori pori di permukaan adonan taburkan merata 2 sdm gula pasir diatasnya atau sesuai selera. Diamkan selama 5 menit/ sampai matang (bisa tusuk tengahnya dengan garpu atau tusukan sate untuk mengetahui kematangannya)
  6. Angkat dan keluarkan dari teflon adonan yang sudah matang, oleskan mentega dan taburi dengan meses dan keju, tambahkan juga susu kental manis. Iris menjadi dua bagian (tengah) dan satukan kembali menumpuk menjadi seperti bentuk setengah lingkaran. lalu potong potong, sajikan. 
  7. Untuk isinya tidak harus selalu coklat dan keju, sesuaikan dengan selera dan kreatifitas Anda. Silahkan mencoba..



No comments:

Post a Comment

Terbangun dari kesibukan baruku

Gubraaagh...., bangun deh aku..setelah sekian lama kutak kutik kutak kutik Job baru, Perusahaan baru... posisi baru, kantor baru... Malam ...